Cooking
with love...
Home » , » Cake Lapis Puding Custard

Cake Lapis Puding Custard

Written By Farida on Tuesday, October 7, 2014 | 1:06 PM

Ied mubarak...
Selamat hari raya Idul Adha...

Weh... ga kerasa udah lama ga posting resep, terakhir pas Idul Fitri kemaren, lebaran ketemu lebaran :)


Ide bikin cake puding ini nongol pas sehari sebelum idul adha, setelah 2 mingguan lebih disibukkan dengan acara pendaftaran penerimaan pegawai baru di kantor. Alhamdulillah... banyak banget yang daftar, sampe kewalahan karena jumlah pelamar diluar yg direncanakan. Dari 55 tempat yg diperebutkan, total pelamar mencapai 1942 orang. Kalo ngeliat kayak gitu, rasanya bersyukurrrr banget aku sudah kerja, dan dulu dimudahkan juga proses kerjanya, ga harus berdesakan mengantri mendaftar seperti sekarang. Alhamdulillah...

Kembali ke cake puding ini, pertama kali ngeliat di blog azlitamasammanis langsung kesengsem, resep2 dari blog itu selalu mencuri perhatianku karena tampilan dan foto nya yang menarik, resep yang ini bisa dibilang mudah lagi.

Kenapa di fotonya ada 2 versi? hehehehe... yang satu itu sebenernya produk gagal (secara tampilan aja kok), kalo rasa... masih layak dimakan lah... cuman kurang manis saja. Kebiasaan ngurangin takaran gula dari resep asli, kejadian deh kurang manis. Udah nyiapin bahan2, timbang sana timbang sini… duhhhh… ternyata kertas roti abis. Ga kebayang deh baking tanpa kertas roti, rencananya buat lapis lagi… kuatir banget cakenya bakal lengket di loyang. Alhamdulillah… ternyata yang ditakutin ga terjadi, aku pake pan greasing pengganti margarine.


Rencananya emang mau bikin 2 versi, yang 1 cake lapis puding dan langsung dihias buah diatasnya, yang 1 nya lagi pengen bikin lapis2, cake-puding-cake lagi. Untuk 1 resep cake pudding ini, pake ½ resep cakenya. Karena rencana bikin 2, jadi bikin 1 resep, adonan cakenya aku bagi 3, yang 1 agak tebel, 2 lainnya tipis. Beberapa kali bikin cake ga memperhatikan kalo hasil bakingan ku ini selalu miring. Nah pas bikin yang tipis… kentara banget miringnya. Trus pas sudah selesai melapis cake-puding-cake, agak susah ngeluarin dari loyang (kertas roti abiiissss…..) jadilah patah pas ngeluarinnya… hiks. Udah yang pertama ini pudingnya kurang manis, tampilan amburadul karena cake miring2, patah pula pas ngeluarin, klop dah. Suamiku aja sampai komentar, kok tampilannya ga cantik gini… huaaaa… Akhirnya dengan sisa usaha untuk menyelamatkan tampilan cake, besoknya aku lapisi si cake dengan whipped cream, sekalian menambahin rasa manis n yang jelas mempercantik tampilan.

Cake yang ke 2, Alhamdulillah lancar, pengalaman 1 resep pertama untuk pudingnya kurang manis, resep ke 2 ini aku buat sama dengan resep, malah aku tambahi 2 sdm lagi gulanya. Di hari ke 2 juga baru kepikiran untuk melapisi loyang dengan cling wrap pada proses melapis pudingnya (kan udah ga kena panas lagi… paling panas2-nya puding yang sudah didiemin sebentar… kenapa kemarennya ga kepikiran ya…). Jadi pas proses ngeluarin dari Loyang… lancar jaya…


Bahan cake :

Bahan A
300 gr tepung terigu
100 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue (aku ga pake)

Campur bahan A, ayak, sisihkan.

Bahan B
3 buah telur
400 gr gula
1 sdt esen vanilla

Bahan C
250 ml susu cair
250 ml minyak jagung (aku pakai minyak goreng )
2 sdm susu kental manis

Bahan D
250 ml air panas

Campur semua bahan B, kocok hingga putih, masukkan minyak dan susu cair dan susu kental manis, kocok rata. Masukkan bahan A yang telah diayak tadi sedikit demi sedikit dan aduk balik adonan dengan spatula. Tambahkan air panas dan aduk rata. Tuang adonan dalam loyang bulat atau segi empat yang telah dioles margarine atau greasing dan dilapisi dengan kertas roti. Oven 170c sampai matang (pake tes tusuk).

Bahan pudding:

1 bungkus agar-agar bubuk, sisakan 1 sdt (untuk penutup hiasan buah diatas pudding)
500 ml air
150 gr gula
200 ml susu cair
65 gr tepung custard
1 sdt esen vanilla
Sejumput garam
1/2 kaleng buah-buahan kaleng (aku pakai 1 buah kiwi, 1 jeruk kalengan dan beberapa cherry)

Masak agar-agar, gula dan air sampai gula larut, masukkan susu, tepung custard (encerkan dengan sedikit air), esen vanilla dan garam, masak hingga meletup2 dan matang.

Masukkan cake dalam Loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti/ cling wrap. Basahi cake dengan air (gunanya agar puding nempel pada cake), tuang adonan pudding diatas cake, tata buah diatas puding dengan sedikit ditekan.

Masak 1 sdt agar2 dengan 100 ml air dan sedikit gula sampai mendidih, tuang diatas buah sedikit demi sedikit dengan bantuan sendok


SHARE

About Farida

0 comments :

Post a Comment