Cooking
with love...

Churros

Written By Farida on Thursday, October 15, 2015 | 9:07 AM

Sebenernya sudah pernah bikin churros, tapi yg churros ubi (resep disini). Kali ini pengen yang simple aja. Sekalian bikin buat difoto untuk setoran 52WFPP (52 Week Food Photography Project). 



Resepnya nyontek resep mba Ricke 'Just My Ordinary Kitchen'. Seneng banget liat churrosnya yang cantik-cantik. Perasaan pas bikin pertama dulu, adegan paling susah adalah menspuit adonan diatas minyak panas, itu juga ternyata hasilnya plentat-plentot ga karuan. Nah di blog mba Ricke, dijelaskan triknya. Yup... dispuit dulu diloyang yang sudah ditaburi tepung biar ga lengket, dan dimasukkan ke freezer sebentar. Kelihatannya gampil ya, eh... pas sudah eksekusi tetep aja susah nyepuit biar seragam. Dan yang paling bikin sebel, ujung2nya yang tetep belepotan. Sudah selesai nyepuit dengan susah payah dan di churros sudah di freezer, aku perhatikan lagi foto mba Ricke. Kok bisa rapi gitu ya? apa diguntingkah pas ujung2 nya itu? akhirnya demi ujung2 yang cantik, aku potong pake pisau aja itu si ujung-ujung churros yang keriting mrungkel-mrungkel. Hasilnya... lumayan lah daripada lumanyun :) Tetep ga bisa ngalahin aslinya... hihihihi...


Bahan:
250 ml Air
50 gr Butter
1 sdm Gula pasir
1/4 sdt Garam
150 gr Tepung terigu, ayak
1/4 sdt Vanili bubuk
1 bt Telur ukuran besar (aku 2 butir ukuran kecil)
Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat:
Masak air, butter, gula pasir dan garam sampai mendidih. Matikan api. Masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan vanila, aduk cepat sampai tercampur rata. Nyalakan kembali api kecil, masak lagi sampai adonan kalis dan tidak lengket ke panci. angkat dan biarkan sampai agak hangat.
Masukkan telur yang sudah dikocok lepas, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu.
Masukkan adonan ke dalam piping bag, spuit dengan spuit mawar besar diatas loyang yang sudah ditaburi dengan terigu tipis-tipis. Masukkan ke dalam freezer sebentar (15 menit) sampai adonan tidak lengket ditangan.
Goreng dengan minyak panas sampai kuning kecoklatan.

Kalau disajikan dengan taburan gula halus, tunggu sampai hangat baru ditaburi gula. Atau bisa juga disajikan dengan saus cokelat.

Resep saus cokelatnya aku pakai DCC secukupnya, dicincang dan ditim sampai leleh semua, tambahkan sedikit susu cair, aduk rata.

Churros ini paling enak disajikan hangat, tekstur luarnya masih crunchy tapi chewy dibagian dalamnya... ennaaak. Kalau sudah dingin tetep enak sih, tapi ga dapet crunchy nya :)


SHARE

About Farida

1 comments :

  1. Wih kelihatan nyaman banar, Ulun handak beolah jua lagi tapi belum ada duitnya kena Mun beduit cuz langsung nukar bahan - bahan Sagan meolah churo

    ReplyDelete